Senin, 03 Januari 2011

"jenis-jenis e-mail"

1. Dari Mekanismenya
Dalam perkembangannya, email ternyata tidak hanya seperti yang dideskripsikan pada bagian I. Lebih detil, dari mekanisme pengiriman dan penerimaannya terdapat beberapa jenis sebagai berikut :
1. POP Email
POP singkatan dari Post Office Protocol. Jalan yang dilalui sebuah email mirip dengan yang dialami oleh sebuah snail mail, yang mesti melewati beberapa kantor pos perantara sebelum akhirnya sampai ke tujuan. Akan halnya dengan email, sebuah email akan melewati beberapa komputer yang berperan sebagai router atau email server, sebelum akhirnya tiba pada email server yang ada pada ISP di mana alamat email kita terdaftar.
2. Web-based
Email / email gratisWeb-based Email, atau email berbasis web dikembangkan dengan tujuan untuk memberikan jasa email kepada orang yang memiliki akses internet, tetapi tidak memiliki account email sendiri, atau yang dimiliki bukan akses ke email server, tapi ke sebuah web server.
Jadi, orang yang akan mengirimkan email pertama-tama harus mengikuti prosedur untuk membuat sebuah account email yang pada umumnya disediakan secara gratis. Setelah selesai kita akan memiliki sebuah account email dengan user name yang telah kita tentukan dan domain name yang sudah ditetapkan oleh si pemberi jasa email gratis ini, termasuk dengan password.
Bila kita akan menulis sebuah email, email tersebut tidak ditulis pada email client yang konvensional tapi pada sebuah kolom / halaman khusus yang disediakan untuk itu. Pada kolom / halaman tersebut sudah lengkap tersedua bagian-bagian yang bisa diklik, untuk mengirimkan, menyimpan, dan sebagainya.
Bila kita akan mengecek apakah ada email yang ditujukan untuk kita maka kita akan harus masuk ke bagian inbox yang tentu disediakan di halaman tertentu di website yang memberikan jasa email semacam ini.
Sekali lagi, semuanya tidak menggunakan email client, tapi fasilitas yang dibuat khusus pada sebuah website. Contoh untuk ini banyak sekali, seperti hotmail.com, yahoo.com, gmail.com, dll.

3. Email Forwarder
Email Forwarder adalah sebuah fasilitas yang dulu banyak tersedia secara gratis, tapi kini sudah banyak yang komersial, dalam arti menuntut kita untuk membayar sejumlah uang tertentu.
Pengertian email forwarder adalah sebuah cara untuk membuat alias dari alamat email kita yang sebenarnya. Sebagai contoh, alamat email saya yang sebenarnya adalah, akan tetapi saya masih bisa menerima email dari manapun juga yang dialamatkan kepada inbox untuk alamat email saya yang asli. Dalam hal ini adalah sebuah email forwarder, karena semua email yang ditujukan kepada alamat itu akan diteruskan lagi ke alamat yang sebenarnya
Orang menggunakan email forwarder dengan berbagai macam alasan. Mungkin alamat email yang sebenarnya dirasakan terlalu jelas menunjukkan identitas seseorang, seperti ISP yang digunakan, atau negara asal pengirim. Alasan lain boleh jadi adalah bila seseorang ingin anonim dalam sebuah forum diskusi tertentu, atau mungkin menggunakan sebuah email forwarder dan dengan identitas yang sama sekali lain. Ada pula yang menggunakan email forwarder untuk menghindari kemungkinan menerima spamming.

Mengenal tiga jenis layanan email

Selama ini tentunya Anda telah mengenal tiga jenis layanan email, yaitu POP mail, email forwarding dan email berbasis web. Masing-masing jenis email tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan.

POP Mail
Email jenis ini sama dengan email yang Anda terima dari ISP Anda (bagi Anda yang connect internet dari rumah atau kantor).

Kelebihan :
Kelebihan utama POP mail adalah kemampuannya untuk dibaca secara offline (tidak connect ke internet). Untuk mengecek email, Anda perlu connect ke server POP mail Anda, lalu mendownload seluruh email yang ada. Setelah itu Anda bisa memutuskan hubungan dengan internet dan membaca email. Bila sudah siap dengan jawabannya Anda bisa connect lagi ke internet dan tekan Send. Untuk itu semua Anda harus menggunakan program client mail seperti Eudora atau Outlook Express.

Kekurangan

Kekurangan POP mail adalah Anda tidak bisa mengecek email Anda dari sembarang tempat.

Web Based email
Email jenis ini merupakan email yang ditawarkan berbagai situs seperti Yahoo, Hotmail, BolehMail, LoveMail dan lain-lain.

Kelebihan
Anda bisa mengecek email Anda dari mana saja dan browser apa saja.

Kekurangan
Kekurangan utama dari email berbasis web adalah, untuk mengecek email Anda harus selalu terhubung ke internet. Bagi yang hanya menerima beberapa atau belasan email tentu nggak begitu terasa. Tapi bagi Anda yang menerima puluhan email atau bahkan ratusan email tentu akan terasa kekurangannya terutama dalam hal biaya (menambah biaya, karena harus selalu connect ke internet).

Email Forwarding
Email jenis ini akan terasa manfaatnya bagi Anda yang belum menemukan layanan email yang cocok alias suka gonta-ganti email. Pada prinsipnya email forwarding ini merupakan layanan email yang meneruskan email yang dikirim kepadanya ke account email Anda yang lain.

Kelebihan
Anda bisa menyembunyikan alamat email Anda yang sesungguhnya. Selain itu Anda juga tidak perlu memberi tahu email Anda yang baru (jika Anda sering gonta-ganti email). Yang Anda berikan cukup alamat email forwarding tersebut.

indoglobal.com menyediakan fasilitas email yang lengkap dan komprehensif. Bersama-sama dengan fasilitas subdomain, fasilitas ini akan memberikan kontrol penuh pengelolaan email kepada anda sebagai pengelola situs. Dalam paper ini, dimisalkan pada sebuah kasus anda adalah pengelola situs example.com. Dengan menggunakan layanan terkemuka dari indoglobal.com , anda akan memiliki kontrol penuh ke domain example.com yang anda miliki.

Dukungan Subdomain

Dengan fasilitas Subdomain, anda akan dapat membuat subdomain seperti japan.example.com, france.example.com, dan singapore.example.com sebagai situs dari cabang perusahaan anda di Jepang, Prancis dan Singapura. Anda sendiri sebagai pengelola situs dapat membuat alamat email webmaster@example.com yang representatif sebagai pengelola situs. Selain itu rekan anda John yang berlokasi di Singapura dapat anda berikan alamat email john@singapore.example.com, sedangkan John yang berlokasi di Prancis dapat diberi alamat email john@france.example.com. Tentunya setiap subdomain yang anda buat dapat mendukung lebih dari satu account email dari berbagai macam jenis.

Bermacam-macam Jenis Account Email Untuk Bermacam-macam Keperluan

Account webmaster@example.com, john@singapore.example.com, serta john@france.example.com dapat berupa salah satu dari berbagai macam jenis account email yang kami sediakan. Account webmaster@example.com bisa saja diforward ke alamat pribadi anda, misalnya you@example.net, yaitu alamat pribadi anda di ISP lokal, sehingga jika pengelolaan situs perpindah tangan ke rekan anda, yang perlu anda lakukan adalah memindahkan tujuan forwarding ke alamat rekan anda tersebut, sehingga alamat webmaster@example.com tetap menjadi pengelola situs, walaupun yang menangani sekarang adalah orang yang berbeda.
Sedangkan untuk kedua John, dapat saja dibuatkan account jenis POP/IMAP. Account POP/IMAP ini disimpan di server indoglobal.com , dan dapat diakses melalui program client email seperti Microsoft Outlook Express, The Bat! atau Eudora.
Selain kedua jenis account, kami juga menyediakan beberapa jenis account lainnya yang cocok digunakan untuk keperluan tertentu. Daftar jenis-jenis account email yang didukung oleh indoglobal.com adalah sebagai berikut:
  • POP/IMAP Account. Email yang ditujukan kepada POP/IMAP account akan disimpan pada kotak surat di server kami. Untuk mengaksesnya anda dapat menggunakan program client email seperti Microsoft Outlook Express atau Kmail. Email account POP/IMAP ini dapat dibatasi besarnya, sehingga akan mencegah menghabisi quota ruang harddisk anda secara keseluruhan.
  • Email Forwarder. Email yang ditujukan kepada jenis account ini akan langsung diforward oleh sistem kami ke alamat lain yang anda tentukan. Sebagai contoh, anda dapat memforward email ke account anda di ISP, sehingga lebih mudah untuk diakses dari rumah anda.
  • Mailing List. Mailing list adalah media yang populer untuk melakukan diskusi melalui email. Jika anda sudah pernah menggunakan layanan Yahoo! Groups dari Yahoo, maka anda telah mengenal mailing list. Namun bedanya mailing list ini menggunakan domain anda sendiri.
  • Autoresponder. Auto reponder akan membalas email yang masuk dengan teks yang telah anda berikan sebelumnya. Selain itu email yang masuk tersebut dapat diforward ke alamat email lainnya seperti halnya email forwarder.
  • Email Bouncer. Jenis ini akan menolak menerima email anda, seperti halnya account ini tidak dibuat. Keterangan lebih lanjut silakan lihat bagian default mail handler di bawah ini.
  • Email Blackhole. Email account jenis ini akan menerima email tapi langsung membuangnya tanpa menyimpannya terlebih dahulu.
  • Custom Mail Handler. Bagi anda pengguna berpengalaman yang menginginkan lebih dari jenis-jenis account yang kami tawarkan, anda dapat menggunakan custom mail handler. Dengan custom mail handler anda dapat menangani email yang masuk dengan cara anda sendiri. Namun untuk ini anda harus mengetahui cara kerja server email yang kami gunakan, yaitu Qmail 1.03.

Default Mail Handler dan DomainPOP

Bagi anda yang memiliki pengguna email yang berlokasi di satu lokasi, misalnya sebuah kantor atau sekolah, anda dapat menggunakan fasilitas Default Mail Handler, atau terkadang dikenal dengan DomainPOP.
Default mail handler diberikan kepada masing-masing subdomain yang anda buat. Dengan metoda ini, semua email yang ditujukan kepada domain anda akan disimpan ke kotak surat default yang berada di server kami. Kemudian server email anda yang berada di lokasi anda mendownload mail-mail pada kotak surat tersebut dan menyimpannya. Setelah itu pengguna-pengguna email dapat mendownload masing-masing emailnya ke server email lokal, dan tidak perlu melakukan koneksi ke server kami secara langsung. Dengan cara ini, anda dapat menghemat waktu dan bandwidth.
  1. Seluruh mail dari pengguna Internet yang ingin menghubungi user-user anda dikirim ke server kami dan disimpan.
  2. Server anda akan mengambil email yang disimpan dalam server kami secara periodik
  3. User anda dapat mendownload mail dari server anda
Cara ini populer digunakan dengan server email MDaemon. Walaupun demikian, beberapa mail server seperti yang berbasis Linux/UNIX dapat juga menggunakan metoda ini.
Default mail handler akan menangani seluruh email yang alamatnya tidak didefinisikan oleh anda. Pada contoh di atas, misalnya cabang Singapura menggunakan DomainPOP, user john@singapore.example.com tidak akan dapat didownload oleh DomainPOP. Jika suatu saat user john@singapore.example.com tersebut keluar dari perusahaan, anda dapat mengganti jenis account-nya menjadi email bouncer, supaya email yang ditujukan kepada yang bersangkutan tetap tidak didownload melalui DomainPOP, sehingga akan menghemat bandwidth anda.

Web dan WAP Based Email

indoglobal.com juga menyediakan layanan email berbasis web bagi user-user anda yang lebih menyukai email berbasis web. Seluruh account POP/IMAP kami dapat langsung dipakai dengan menggunakan email berbasis web. Secara default, kami memberikan email berbasis web pada alamat http://webmail.example.com, dengan example.com adalah domain anda tentunya. Selain itu, web based email juga dapat digunakan oleh user-user anda sebagai tempat untuk mengganti password emailnya, walaupun mereka tidak memanfaatkan fasilitas web based email.
Anda pun dapat menggunakan telepon selular anda untuk mengakses email jika telepon selular dan operator anda mendukung fasilitas WAP. Caranya sama dengan mengakses webmail namun anda akan dihadapkan pada interface WAP khusus yang lebih sederhana untuk penggunaan pada telepon selular.

DNS MX Record

Bagi anda yang memiliki server email sendiri dan ingin mengelola email anda dari server email anda tersebut, anda dapat menggunakan fasilitas MX Record. Setiap subdomain yang mendukung email dapat dikonfigurasikan MX record-nya, sehingga mail yang ditujukan kepada subdomain tersebut dapat ditangani oleh server lain. Sebagai contoh, misalnya rekan anda yang di Jepang memiliki mail server sendiri, maka anda dapat menset MX record untuk subdomain japan.example.com untuk menunjuk ke server email milik rekan anda tersebut.

Fasilitas Mailbox POP/IMAP

Berikut ini adalah beberapa fasilitas dari mailbox POP/IMAP yang unik pada layanan kami.
  • Perlindungan dari spam. Setiap mailbox POP/IMAP pada sistem kami memiliki fasilitas perlindungan terhadap spam. Silakan lihat bagian perlindungan dari spam untuk informasi lebih lanjut.
  • Filter email Dengan filter email anda dapat mengklasifikasikan email yang masuk ke folder tertentu sesuai kriteria tertentu. Anda pun dapat memilih untuk menolak email atau memforward ke alamat tertentu jika kriteria terpenuhi. Kriteria bisa berupa ukuran email, sebagai contoh anda dapat memfilter email berukuran lebih besar daripada 1 MB ke folder tertentu sehingga anda tidak perlu mendownload melalui POP3. Filter email dapat anda set melalui fasilitas webmail. Sistem filter email terintegrasi dengan sistem email kami sehingga filter akan selalu berfungsi walaupun anda tidak menggunakan webmail.
  • Forwarding dan vacation Dengan fasilitas forwarding, anda dapat memforward email yang masuk ke alamat lain. Dengan fasilitas vacation anda dapat mengirim jawaban otomatis setiap kali ada email yang masuk, berguna untuk memberi pesan bahwa anda tidak ada di tempat untuk membalas email.

SMTP Authentication

Kami juga menyediakan fasilitas SMTP authentication sebagai alternatif lain pengiriman email selain dengan menggunakan server SMTP milik ISP anda. Fasilitas ini dapat digunakan bagi anda yang sering berpindah ISP sehingga tidak perlu untuk mengganti-ganti setting server SMTP setiap kali berpindah ISP. Anda juga dapat menggunakan fasilitas ini jika ISP anda tidak menyediakan fasilitas server SMTP yang memadai (seperti Telkomnet Instan). Server SMTP authentication kami sediakan pada port 8025 pada server kami, anda dapat menggunakannya dengan menggunakan username dan password yang sama dengan account POP/IMAP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar